Opini Publik
Strategi
Media Mengusir Kapitalisme di Rusia
Film dengan latar
belakang kota Moskow di Rusia dan mengisahkan tentang
subjek periklanan (advertising), pemasaran (marketing) dan fiksi ilmiah yang dikemas secara baik. Film ini menjelaskan sifat
pemasaran dan bagaimana “kita” dapat dengan mudah dimanipulasi oleh pengaruh
dan peristiwa.
Film ini menceritakan Misha telah tumbuh menjadi seorang eksekutif pemasaran yang handal, bekerja
dengan Bob Gibbons, seorang Amerika yang disewa untuk menyebarkan merek Barat
dan bisnis di Rusia pasca-Komunis yang bekerja untuk CIA . Ketika keponakan
Bob, Abby datang untuk mengunjungi dari Amerika, Bob memperingatkan Misha untuk
menjauhkan diri darinya, tetapi meskipun ini, Abby dan Misha hanyut ke suatu
hubungan. Misha disewa untuk melakukan pemasaran untuk reality show TV baru,
Extreme Cosmetica, dimana seorang gadis kelebihan berat badan akan menjalani
operasi plastik yang besar untuk menjadi kurus dan cantik, tapi berakhir dengan
bencana, karena kontestan jatuh ke dalam koma. Publik berbalik melawan
pertunjukan, dan Misha, sebagai pemasar acara, menjadi kambing hitam.
Film ini
juga mengagendakan marketing propaganda ala komunis untuk
mensubordinasikan dominasi kapitalisme yang sangat berjejal melalui produk
iklan televisi, billboard,
spanduk, poster dengan kalimat-kalimat yang mengilusi dan mengaburkan kesadaran
masyarakat. Film ini juga mengisahkan bagaimana kondisi kota-kota di Rusia yang
sebelum kedatangan Mc Donalds, Coca Cola dan Marlboro.Namun, setelah produk
Amerika tersebut memasuki ruang-ruang publik Rusia, kesadaran ilusionis mulai
mewabah seiring dengan maraknya iklan-iklan melalui televisi, papan-papan
reklame raksasa di setiap sudut kota, flyer hingga poster di setiap dinding
rumah dan apartemen.
Saking semuanya sudah memiliki kesadaran yang
ilusi, Mischa pun memanfaatkan kondisi tersebut dengan membuat sebuah reality
show. Reality show tersebut bercerita seorang perempuan yang gendut karena
terlalu banyak mengkonsumsi daging dari sebuah restoran cepat saji. Kemudian,
dengan merek sebuah produk kosmetik yang ia iklankan, perempuan gendut tersebut
bisa kembali langsing. Namun, bukan langsing yang perempuan itu alami, malah
berujung dengan koma. Strategi iklan Mischa pun gagal sehingga ia dituduh
bertanggung jawab atas komanya sang perempuan gendut dan ia terusir dari kota
Moskow.
Di tempat
pengasingannya, ia bak petapa yang mentafakuri kehidupannya dan menjadi seorang
penggembala sapi. Menjalani hari-hari sebagai seorang penggembala sapi membuat
Mischa, menaruh respek terhadap liberalisasi hewan sebagai makhluk hidup. Mischa memiliki semacam indera ke enam.
Ia bisa melihat makhluk-makhluk aneh dalam setiap orang yang memakan daging
dari restoran cepat saji. Ia pun bisa melihat bagaimana bangunan-bangunan
restoran yang menyajikan daging, dipenuhi oleh makhluk-makhluk aneh tersebut.
Setiap orang yang mendatangi bangunan tersebut
untuk membeli daging, makhluk-makhluk tersebut semakin membesar dan semakin
menjulang ke langit. Mischa pun mempelajari mengenai mekanisme kerja mereka.
Sehingga, ia membuat sebuah terobosan dengan kembali membuat sebuah perusahaan
advertising. Proyek pertamanya, ia diminta oleh investor dari China untuk
membuat sebuah strategi marketing untuk kepentingan iklan restoran vegetarian
di kota Moskow yang didominasi oleh restoran-restoran cepat saji asal Amerika
Serikat. Hal itu bukan perkara mudah karena realitas bahwa semua warga Moskow
adalah penikmat makanan hewani di restoran-restoran cepat saji.
Namun, ia
membuat sebuah iklan radikal tentang bahaya memakan daging akan berujung dengan
kematian. Iklannya pun dipasang di setiap penjuru kota melalui papan reklame
raksasa, melalui poster, melalui iklan televisi dan media lainnya. Otomatis,
chaos pun terjadi. Bahkan, untuk menstabilkan keamanan, Menteri Rusia memakan
hamburger dan ditayangkan secara live di semua stasiun televisi. Aksi itu
sekaligu menunjukkan bahwa memakan daging itu tidak berujung kematian. Namun,
menariknya, setelah tayangan perdana menteri itu ditayangkan, alhasil, menteri
tersebut mati. Otomatis, semua warga Moskow 360 derajat berhenti memakan
daging. Pemilik modal restoran-restoran cepat saji pun bangkrut dan para
investor dari China yang dalam penglihatan Mischa dalam punggung mereka
terdapat monster naga, mulai gencar mendirikan banyak restoran vegetarian.
Awalnya warga Moskow yang merupakan konsumen restoran cepat saji, kini berubah
menjadi konsumen makanan vegetarian di restoran milik para pengusaha China
tersebut. Menariknya lagi, setelah menang, Mischa menerapkan syarat agar
restoran vegetarian tersebut tidak memasang papan reklame raksasa di setiap
penjuru kota dan itu diamini oleh investor China tersebut. Menariknya, saat
ratusan restoran cepat saji tersebut menjelang bangkrut, makhluk-makhluk aneh
yang hinggap di bangunan restoran cepat saji tersebut, dihajar habis-habisan
oleh makhluk-makhluk naga yang merepresentasikan pengusaha-pengusaha China yang
berinvestasi di Moskow dengan ratusan restoran cepat saji. Merasa berhasil
dengan metode tersebut,
Mischa pun diminta membuat sebuah iklan produk
teknologi agar perusahaan-perusahaan raksasa teknologi asal Amerika Serikat,
Apple dan Microsoft, segera angkat kaki dari Moskow. Dan apa yang terjadi,
dengan strategi yang sama seperti mengusir restoran-restoran cepat saji, upaya
mengusir Apple dan Microsoft pun berhasil dan Mischa pun menjadi pengusaha
perusahaan iklan terkemuka.
Film ini memberikan pesan bahwa perusahaan-perusahaan dari negara kaya yang mendominasi pasar sebuah negara, harus dihentikan dan setiap perusahaan lain di seluruh dunia, harus bisa bersaing tanpa harus ada pihak yang memonopoli ataupun mengkonglomerasi. Contohnya, dalam film tersebut, menyindir dominasi Mc Donald, Apple, Microsoft, Coca Cola dan berbagai perusahaan Amerika Serikat lain di Rusia. Kedua, film ini juga menyiratkan intrik politik tentang hubungan ekonomi dan politik China dengan Rusia yang semakin mesra. Tidak hanya itu, ini juga memberikan pesan bahwa raksasa Asia, China, pada saatnya akan menggeser dominasi Amerika Serika di negara-negara berkembang. Ketiga, film ini menyiratkan tentang gerakan vegetarianisme. Bahwasanya, makanan-makanan hewani yang kita konsumsi sekarang, justru malah menimbulkan petaka berbagai macam hal Film ini, sebenarnya bergenre science fiction. Namun, di dalamnya penuh dengan intrik politik dan ekonomi. Selain itu, film ini juga sebenarnya tentang strategi marketing__tentang bagaimana menyingkirkan pesaing dalam satu ranah bisnis. Sehingga, bagi mereka yang bekerja di dunia media, film ini layak untuk ditonton.
Film ini memberikan pesan bahwa perusahaan-perusahaan dari negara kaya yang mendominasi pasar sebuah negara, harus dihentikan dan setiap perusahaan lain di seluruh dunia, harus bisa bersaing tanpa harus ada pihak yang memonopoli ataupun mengkonglomerasi. Contohnya, dalam film tersebut, menyindir dominasi Mc Donald, Apple, Microsoft, Coca Cola dan berbagai perusahaan Amerika Serikat lain di Rusia. Kedua, film ini juga menyiratkan intrik politik tentang hubungan ekonomi dan politik China dengan Rusia yang semakin mesra. Tidak hanya itu, ini juga memberikan pesan bahwa raksasa Asia, China, pada saatnya akan menggeser dominasi Amerika Serika di negara-negara berkembang. Ketiga, film ini menyiratkan tentang gerakan vegetarianisme. Bahwasanya, makanan-makanan hewani yang kita konsumsi sekarang, justru malah menimbulkan petaka berbagai macam hal Film ini, sebenarnya bergenre science fiction. Namun, di dalamnya penuh dengan intrik politik dan ekonomi. Selain itu, film ini juga sebenarnya tentang strategi marketing__tentang bagaimana menyingkirkan pesaing dalam satu ranah bisnis. Sehingga, bagi mereka yang bekerja di dunia media, film ini layak untuk ditonton.
Komentar
Posting Komentar